06 Feb

Fungsi Hipnotis dalam Penelitian

Sebelum Anda mengetahui apa saja fungsi hipnotis, lebih baik mengenal dahulu apa sebenarnya hipnotis itu. Hipnotis dengan hipnosis kerap sekali dianggap sama, padahal kedua istilah ini bermakna berbeda. Hipnosis merupakan ilmu atau seni komunikasi alam bawah sadar, sedangkan hipnotis adalah pelaku hipnosis. Namun adanya kesalahan pemahaman dan kebiasaan pengucapan keduanya, maka kerap orang menyebutnya dengan hipnotis.

Pengaruh hipnotis terhadap orang yang satu dengan lainnya sangat bervariasi. Orang yang terhipnotis merasakan rileks saat di hipnotis. Sedangkan orang yang lain akan merasa bahwa tindakan tersebut terjadi di luar kesadaran mereka yang terhipnotis. Namun ada sebagian orang yang terhipnotis masih sadar sepenuhnya dan bisa berkomunikasi saat dihipnotis. Berdasarkan penelitian Ernest Hilgard, fungsi hipnotis bisa digunakan untuk merubah persepsi orang secara dramatis. Sedangkan menurut tokoh Brendan L. Smith, hipnotis dapat membuat suatu kondisi menjadi santai, batin terkonsentrasi, dan fokus pada diri pasien.

Berikut ini ada beberapa fungsi hipnotis yang telah terbukti melalui penelitian:

  1. Relaksasi bagi pasien yang menderita penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis.
  2. Penyembuhan dan mengurangi rasa sakit semasa kelahiran.
  3. Mengurangi adanya gejala hilangnya kemampuan kognitif global seseorang atau dikenal gejala demensia.
  4. Pasien yang mengalami gangguan perkembangan dapat terbantu dengan hipnoterapi.
  5. Mampu mengurangi rasa mual dan muntah pada penderita kanker yang sedang melakukan kemoterapi.
  6. Dapat mengontrol rasa sakit selama menjalani pengobatan gigi.
  7. Digunakan untuk membantu pengobatan penyakit kulit termasuk psoriasis dan penyakit kutil.
  8. Mengatasi gejala asosiasi dengan irritable bowel syndrome.
  9. Fungsi hipnotis dapat digunakan untuk terapi merokok.

Jadi Anda tak perlu bingung mengenai hipnotis lagi, sebab hipnotis sama sekali tidak berbahaya. Hipnotis bukanlah suatu ilmu yang mampu menghilangkan kesadaran seseorang namun suatu cara untuk membangun komunikasi pada alam bawah sadar orang yang terhipnotis. Selain itu hipnotis memiliki manfaat dan fungsi yang baik sesuai pemakaian. Sehingga fungsi hipnotis harus diaplikasikan secara bijak untuk berbagai hal positif untuk membantu mengatasi masalah.

 

Artikel

0 Comment

related posts