06 Feb

Langkah-langkah Belajar Hipnotis

Bagi Anda yang menginginkan belajar hipnotis, maka hal yang pertama Anda pahami adalah niat. Sebaiknya Anda mempelajari hipnotis dengan tujuan positif. Sebab belajar hipnotis juga memerlukan suatu usaha dan pikiran positif. Hipnotis dapat dilakukan pada orang lain, diri sendiri, maupun untuk tujuan lain yang berhubungan dengan hipnoterapi pasien.

Ada sepuluh langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari hipnotis. Langkah belajar hipnotis ini terbilang sederhana dan mudah. Bila Anda telah menguasai langkah hipnotis dasar ini akan mudah bagi Anda menguasai teknik hipnotis yang lebih tinggi. Mari simak sepuluh langkah belajar hipnotis orang berikut.

  1. Memahami subjek Anda

Ketika Anda akan memulai hipnotis, maka langkah belajar hipnotis harus mampu membuat subjek merasa nyaman, tidak takut, dan khawatir sebelum dihipnotis. Anda dapat mulai mengajak berbicara santai dan ringan sebelum memulai hipnotis.

  1. Melakukan tes sederhana untuk mengetahui tingkat sugestivitas subjek

Sebelum memulai hipnotis, sebaiknya mengetahui seberapa jauh tingkat sugestivitas subjek Anda. Salah satu caranya dengan hand clasp test yaitu meminta subjek Anda untuk menelangkupkan kedua tangannya, sugestikan kepada subjek bahwa dia tak akan bisa melepas kedua tangannya yang tertelangkup.

  1. Membuat subjek merasa nyaman

Langkah belajar hipnotis ini dapat Anda lakukan dengan membuatnya nyaman dengan Anda, kondisi di sekitarnya, dan pakaian.

  1. Memberikan sugesti sederhana, jelas, dan bertahap sehingga dipahami subjek Anda.
  2. Meyakinkan subjek agar sukarela memasuki alam relaksasi

Lakukan dengan terus memberikan sugesti yang lebih mendalam pada subjek Anda.

  1. Mengulangi beberapa kata sugesti yang penting

Ada beberapa kata sugesti yang penting sering diulang adalah “santai”, “rileks”, “masuk semakin dalam dan makin dalam ke alam relaksasi”. Lakukan pengulangan tersebut agar subjek makin rileks.

  1. Mengulangi kembali sugesti secara bertahap

Saat Anda melakukan langkah belajar hipnotis akan ada dua hal yang perlu Anda tahu yaitu tahapan ideomotor yang dilanjutkan ideosensory. Ideomotor merupakan segala hal yang berkaitan dengan gerakan. Sedangkan ideosensory segala hal yang ada hubungannya dengan panca indera dan pikiran subjek.

  1. Memperkuat sugesti psikologis
    Dilakukan dengan sentuhan fisik seperti memegang bahu atau dahi subjek secara alami dan perlahan sehingga tidak mengejutkan.
  2. Tidak terburu-buru melakukan langkah hipnotis
    Berikan jeda setiap kali memberikan sugesti agar subjek mampu menyerap sugesti Anda.
  3. Tidak menyalahkan subjek Anda

Bila hipnotis Anda belum berhasil maka harus banyak berlatih dan saat gagal jelaskan saja pada subjek bahwa Anda telah berusaha dengan baik dan hanya butuh tambahan tahapan dalam hipnotis.

Itulah beberapa langkah belajar hipnotis yang mungkin dapat Anda pelajari di rumah. Perlu digaris bawahi, belajar hipnotis ini hanya digunakan untuk kebaikan saja ya. Jangan sampai merugikan orang lain. Semoga bermanfaat.

Artikel

0 Comment

related posts